Home Health Apa penyebab diabetes pada lansia?

Apa penyebab diabetes pada lansia?

49
0

Apa penyebab diabetes pada lansia?

Faktor usia, apalagi jika telah memasuki 70 tahun, lansia mulai menghadapi berbagai masalah ke- 1 sehatan seperti jantung dan pembuluh darah, otak, ginjal, dan juga diabetes, Namun diketahui bahwa kasus diabetes pada lansia tenyata semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kemungkinan ini disebabkan faktor resistensi insulin yang meningkat ditambah de- ngan faktor gaya hidup yang lebih santai pada lansia. Sebetulnya pankreas lansia tidak banyak mengalami kemunduran. Artinya produksi insulin masih memadai, namun kemampuan kerja insulin semakin berkurang. Sehingga terjadi resistensi insulin. Gejalanya, keluhan nafsu makan yang berkurang, rasa lemah lunglai, berat badan menurun, infeksi pada saluran kemih (pada lansia wanita), dan masalah prostat (pada lansia pria).

Pencegahannya adalah dengan mengatur pola makan sehat dan rutin berolahraga, selain kontrol ke dokter. Kalau perlu makan obat dan suplemen yang diberikan dokter.

Apakah penyakit juga bisa menyebabkan diabetes?

Bisa. Ada jenis diabetes yang tidak termasuk dalam kelompok yang sudah dibicarakan di atas, yaitu yang disebut diabetes sekunder. Diabetes ini diakibatkan oleh penyakit yang menyebabkan pro- duksi insulin terganggu atau penyakit yang meme- ngaruhi produksi insulin. Penyebab diabetes sekunder tersebut adalah:

Radang pankreas

Gangguan kelenjar adrenal atau hipofisis Penggunaan hormon kortikosteroid Obat-obat antihipertensi dan antikolesterol Malnutrisi Infeksi

Pengobatannya tentu lebih rumit, selain mengobati dia- betesnya juga penyebabnya.

Apakah diabetes dapat menyebabkan ke- matian?

^ Tentu saja diabetes dapat menyebabkan kemati- an jika kadar gula darah tidak terkontrol/tidak diobati. Kematian disebabkan oleh komplikasi- komplikasi, yaitu rusaknya organ-organ vital seperti jan- tung, ginjal, dan lain-lain, Dan yang mengkhawatirkan, lebih dari 50% penderita tidak menyadari bahwa dirinya mengidap diabetes.

Pada tahun 2007 diketahui diabetes merupakan pe- nyebab kematian terbesar keempat untuk penyakit-pe- nyakit non-infeksL Dan diperkirakan setiap tahun terjadi 3,2 juta kematian di dunia yang disebabkan langsung oleh diabetes. Itu berarti 1 orang setiap 10 detik yang meninggal karena diabetes.

Penyakit diabetes memang tidak memperlihatkan ge- jala yang spesifik, sehingga umumnya (50%) penderita tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap diabetes. Me- reka baru memeriksakan diri ke dokter setelah mengalami perubahan dalam kondisi tubuhnya seperti pandangan mata kabur, berat badan terns turun, merasa selalu lemah, dan lain-lain. Atau setelah terjadi komplikasi yang parah seperti gagal ginjal, kebutaan, sakit jantung, bahkan koma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here