Home Health Apakah Diabetes Itu?

Apakah Diabetes Itu?

49
0

Apakah Diabetes mellitus (DM) yang juga lazim disebut kencing manis dan kini lebih dikenal sebagai diabetes saja, Diabetes berasal dari bahasa Yunani Kuno yang menurut Wikipedia.com arti harfiahnya adalah topass through [urine] yaitu “terus mengalir”, maksudnya adalahair dari dalam tubuh yang terus mengalir keluar alias banyak kencing. Sedangkanmellitus berarti madu atau manis. Dengandemikian, kata diabetes mellitus dapatdiartikan atau dikonotasikan sebagai urine yang manis semanis madu. Benarkah?Pada kenyataannya urine pen- derita diabetes sering dikerumuni semut, selainitu pe- meriksaan di laboratorium menunjukkan kadar gula darah yang tinggimelebihi normal.

Sesungguhnya kadar gula dalam urine tidak bisa dijadikan ukuran untuk kadar gula dalam darah. Jika di dalam urine tidak ditemukan glukosa, bukan berarti kadar gula dalam darah tidak tinggi. Kadar gula dalam darah selalu lebih tinggi dari kadar gula dalam urine. Dan pembuangan glukosa lewat ginjal pada masing-masing orang, berbeda, sehingga kadar gula dalam urine tidak secara otomatis bisa dijadikan ukuran kadar gula dalam darah.

Masih menurut Wikipedia.com diabetes adalah suatu sindrom kekacauan metabolisme yang merupakan akibat dari kombinasi keturunan dan lingkungan. Hasilnya adalah kondisi tidak normal kadar gula darah yang tinggi (hyperglycemia). Kadar gula darah dikontrol interaksi yang

kompleks oleh beberapa zat kimia dan hormon-hormon di dalam tubuh (termasuk hormon insulin yang diproduksi oleh sel-sel beta di dalam pankreas). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa diabetes mellitus merupakan kelompok penyakit kronis yang mengacu pad a penyakit dengan gejala kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan tubuh tidak lagi memiliki hormon insulin atau insulin tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kenapa insulin? Karena insulin adalah hormon yang tugasnya memasukkan gula yang berada dalam darah ke sel-sel untuk diubah menjadi energi. Insulin diproduksi oleh kelenjar pankreas.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang paling sering ditemukan di abad ini. Menurut penelitian WHO pada tahun 2000 diperkirakan 2,1% penduduk dunia menderita diabetes, sekitar 60% terdapat di Asia. Sedang- kan data di Indonesia diperkirakan 1,2—2,3% jumlah penduduk Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas menderita diabetes. Diperkirakan pada tahun 2000 ada 8,4 juta penderita diabetes di Indonesia. Ini menempatkan Indonesia sebagai negara ke-4 dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat. Angka tersebut diketahui cenderung meningkat setiap tahun seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Yang jelas, disinyalir beberapa tahun terakhir ini terjadi peningkatan pasien diabetes pada usia di atas 45 tahun. Itu yang tercatat dari pasien diabetes yang datang berobat maupun yang tercatat tidak sengaja disebabkan pasien datang bukan dengan keluhan diabetes. Diperkirakan lebih banyak lagi (sekitar

50%) yang tidak tercatat karena tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut. Gejala penyakit diabetes memang tidak khas, sehingga sering kali ter- abaikan.

Peningkatan diabetes di Indonesia diperkirakan para ahli akan menjadi dua kali lipat pada tahun 2030.

Kadar gula darah tinggi, apakah berbahaya?

^ Sangat berbahaya, karena mengacaukan kerja organ-organ vital kita (misalnya jantung, ginjal, t mata, gigi, saraf, dll.) dan merusaknya. Penderita diabetes sering tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit itu. Memang, diabetes merupakan salah satu penyakit yang dijuluki silent killer yang membunuh/me- nyerang secara diam-diam. Tahu-tahu penyakit sudah parah, beberapa organ penting sudah rusak, bahkan ter- jadi pembusukan luka yang hams diamputasi.

Adanya gangguan dalam meregulasi kadar gula dalam darah dan adanya gangguan pada proses transportasi glukosa dari darah ke sel-sel tubuh, menyebabkan gula darah meningkat. Hal ini disebabkan ketiadaan hormon insulin atau hormon insulin yang tidak dapat berfungsi sebagaimana seharusnya untuk memproses gula darah agar bisa diserap sel-sel tubuh menjadi energi. Karena itu dapat dikatakanbahwa penyakit diabetes disebabkan oleh gula darah yang meningkat karena kurang maksimalnya insulin atau tiadanya produksi insulin. Dan jika kadar gula darah tidak dikendalikan dengan baik, akan mun-

cul komplikasi penyakit-penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Text Box: *

Mengapa kadargula darah bisa meningkat?

Kadar gula darah bisa naik melalui beberapa cara bergantung pada macam diabetesnya. Pada diabetes tipe 1, pankreas yang memproduksi insulin tidak mampu atau kurang mampu mempro- duksinya. Akibatnya, kadar insulin kurang bahkan bisa tidak ada sama sekali. Dengan demikian, glukosa tidak dapat ditransfer ke sel-sel untuk diubah menjadi energi. Gula darah tetap berada dalam darah, makin lama makin banyak. Terjadilah peningkatan kadar gula darah dalam darah.

Pada diabetes tipe 2, insulin diproduksi tetapi kua- litasnya tidak baik sehingga tidak bisa berfungsi sebagai- mana seharusnya, yaitu tidak seluruh glukosa dapat di­transfer ke sel-sel. Akibatnya, terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah. Atau hormon insulin tidak dapat berfungsi sebagaimana seharusnya karena reseptor ter- tutup lemak (jika penderita diabetes bertubuh gemuk) sehingga insulin tidak dapat membawa glukosa ke sel- sel tubuh.

Sebenarnya penyebab diabetes beragam, tapi pada dasarnya disebabkan kurangnya atau tidak diproduksi- nya hormon insulin. Hal ini disebabkan:

• Menyusutnya jumlah sel yang memproduksi insulin (keturunan)

  • Serangan virus pada pankreas
  • Penyakit degeneratif (kanker, jantung, dll.)
  • Penyakit otoimun (lupus dll.)
  • Kehamilan
  • Resistensi insulin
  • Menurunnya sensitivitas sel terhadap insulin (biasa- nya disebabkan obesitas).

Selama ini orang mengira bahwa diabetes bisa di- tanggulangi dengan minum obat penurun kadar gula darah. Umumnya orang tidak mengetahui bahwa kadar gula darah bisa naik atau turun dengan bebeapa cara bergantung pada macam diabetes. Karena itu, harus di- ketahui terlebih dulu macam penyakit diabetes yang di- idap sebelum ditentukan jenis obat yang harus diminum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here