Home Health Apakah lemak itu sama dengan kolesterol?

Apakah lemak itu sama dengan kolesterol?

94
0

Benarkah lemak itu sama dengan kolesterol?

Saat permasalahan kolesterol tinggi semakin ramai dibicarakan orang, banyak yang menyamakan kolesterol dan lemak. Memang sedianya ada kemiripan antara kolesterol dan lemak, namun keduanya tidaklah sama.

Ditinjau dari segi susunan kimianya, kolesterol bisa digolongkan ke dalam keluarga lemak. namun lemak itu sendiri, paling utama lemak yang berasal dari nabati bukanlah kolesterol. Pada dasarnya lemak yang berasal dari tumbuhan tidak menghasilkan kolesterol sebaliknya menghasilkan fitosterol.

Fitosterol itu memiliki struktur yang mirip seperti kolesterol, namun ia bekerja membatasi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan sehingga antara fitosterol dan kolesterol itu sendiri berbeda.

Kolesterol itu didapat dari lemak yang berasal dari hewan. Banyak yang berhaluan kolesterol merupakan lemak, dan pada orang gendut banyak lemak berarti banyak kolesterol, orang kurus sedikit lemak berarti sedikit kolesterol. Pemikiran ini juga belum tentu benar. Karena sudah dipaparkan di awal, lemak tidak hanya berbentuk kolesterol.

Di samping itu juga pembuatan kolesterol itu sendiri juga berlangsung di dalam metabolisme hati. Pada orang-orang yang kurus juga mungkin saja memiliki kolesterol tinggi juga banyak ditemui.

Kolesterol merupakan lemak, tetapi lemak belum tentu berbentuk kolesterol.

Apakah lemak itu?

Lemak adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, dan menurut ahli kesehatan dibutuhkan kurang lebih 20-30% lemak dari jumlah totalitas hidangan yang kita konsumsi agar bisa penuhi kebutuhan tubuh.

Apabila dilihat dari sumbernya lemak bisa dibagi 2, yakni:

Lemak yang berasal dari hewan & Lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Lemak yang berasal dari hewan mengandung banyak kolesterol, sebaliknya lemak yang berasal dari tum-buh-tumbuhan mengandung fitosterol, yakni lebih banyak mengandung asam lemak tidak jenuh. 

Lemak yang berasal dari hewan biasanya berbentuk padat, sebaliknya lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan biasanya berbentuk cair.

Berdasarkan penglihatan:

Lemak yang jelas-jelas nampak, seperti minyak, mentega, gajih.
Lemak yang tidak nampak, seperti susu, telur. Lemak yang mudah nampak biasanya berbentuk cair seperti minyak, atau bentuk gajih yang lunak dan mengilat. walaupun demikian banyak juga lemak yang tidak nampak jelas pada pemikiran pertama melihatnya.

Lemak yang masuk ke dalam tubuh dipakai sebagai salah satu zat yang membantu tubuh untuk bisa bekerja dengan baik. Lemak dalam jumlah balance yang disantap oleh seseorang memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, namun apabila lemak itu kelewatan akan menjadi permasalahan bagi tubuh.

Sekarang ini banyak orang yang komsumsi lemak kerap melebihi daripada kebutuhan badannya. dampaknya semakin banyak bermunculan bahaya dari lemak berlebih yang mengganggu tubuh, akhirnya pada masyarakat bergulir bahwa lemak merupakan olahan yang membahayakan tubuh dan harus dihindari. sementara itu fungsi lemak itu sebenamya sangat penting sekali bagi tubuh.

Apakah manfaat lemak bagi tubuh?

Sebagai zat yang dibutuhkan, lemak ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh yakni:

Sumber tenaga
Lemak merupakan hidangan sumber tenaga yang paling besar, setiap gram lemak mengadakan 9 kalori, kalori yang dihasilkan oleh lemak lebih besar dari karbohidrat dan protein. Kalori itu sendiri adalah olahan bakar bagi tubuh untuk beraktifitas.

Membantu tubuh memakai vitamin
vitamin yang ada di dalam tubuh harus dipakai dengan baik agar tubuh sehat. Lemak adalah salah satu zat yang membantu untuk memakai vit A, D, E, dan Ok, di mana vitamin-vitamin ini larut dalam lemak dan lemak juga membantu usus untuk meresap zat-zat penting dari vitamin-vitamin tersebut.

Pembangun sel tubuh
Lemak adalah bagian penting dari sel-sel yang ada di dalam tubuh. Dengan dorongan lemak, sel-sel dalam tubuh bisa terbangun dengan baik. tidak hanya itu pula lemak adalah penyusun sel-sel dengan menyelimuti setiap sel sehingga sel-sel itu bisa bekerja dengan baik. semisal lemak menyelimuti setiap sel saraf sehingga membuat saraf itu sanggup menghantar pesan lebih cepat dan baik.

Pembangun hormon
Lemak juga adalah zat yang dipakai tubuh untuk memproduksi prostaglandin, yakni senyawa semacam hormon yang berfungsi dalam mengatur fungsi tubuh seperti tekanan darah, sistem saraf, denyut jantung, konstriksi pembuluh darah, dan pembekuan darah. Tidak hanya itu pula lemak adalah zat penting untuk pembuat hormon-hormon lain yang ada di dalam tubuh.

Pelindung organ
Lemak juga berfungsi memelihara kulit, rambut, melindungi organ penting, seperti ginjal, liver, dan organ reproduksi, serta menjaga badan agar tetap hangat. Banyak organ penting seperti otak, ginjal, jantung, dan usus dilindungi oleh lemak dengan memberinya bantalan agar bebas dari luka, luka dan menahan agar tetap pada tempatnya.

Memberikan perasa lezat.
Lemak yang ada di hidangan akan memberikan kerasa lezat saat lidah merasakannya. Banyak kue yang mengandung lemak merasa lebih gurih dan renyah dibanding kue yang tidak mengandung lemak. Ken tang yang digoreng lebih lezat dibandingkan kentang rebus. Kerupuk yang digoreng lebih memiliki kerasa gurih dan lezat dibanding kerupuk yang dimasak dengan mikrowave tanpa minyak. Betapa kerasa pada hidangan ini sangat mempengaruhi nafsu makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here