Home Health Kapan sebaiknya seseorang itu melakukan pemeriksaan kolesterol?

Kapan sebaiknya seseorang itu melakukan pemeriksaan kolesterol?

167
0

Pemeriksaan kolesterol itu penting dilakukan sedini mungkin

Bagi yang sudah berumur di atas 20 tahun, sudah saatnya mulai melaksanakan pengecekan terhadap kolesterol yang ada di dalam aliran darahnya. pengecekan kolesterol itu hendaknya lekas dilakukan seseorang karena kolesterol ini tidak mudah ditemukan dengan pengecekan luar saja.

Apabila ada anggota keluarga atau riwayat di keluarga yang memiliki permasalahan dengan kolesterol atau mengidap serangan jantung, hendaknya melaksanakan pengecekan teratur terhadap kandungan kolesterolnya karena aspek genetika sangat mempengaruhi kandungan kolesterol dalam tubuh seseorang. Biasanya orang-orang yang memiliki keluarga yangberkolesterol tinggi, pengidap diabet mellitus, pengidap tekanan darah tinggi, kegemukan, perokok, dan berumur lanjut dianjurkan untuk lekas mengecek kandungan kolesterolnya untuk menjauhi bahaya yang mungkin ada.

Lebih cepat melaksanakan pengecekan kolesterol ini lebih baik, dibanding menunda-nundanya. Semakin meningkat umur biasanya tumpukan kolesterol di dalam tubuh seseorang akan semakin tebal, kolesterol yang tidak terkendali berbahaya bagi jiwa.

Bagaimanakah pengecekan kolesterol itu?

Pengecekan kolesterol itu bisa dilakukan di laboratorium oleh kedokteran ataupun sekarang ada pula perlengkapan pengecekan kolesterol yang banyak di jual di apotek ataupun toko-toko perlengkapan perlengkapan kesehatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pengecekan kolesterol itu dilakukan sehabis terlebih dahulu puasa sepanjang malam kurang lebih 9-12 jam lamanya sebelum pengecekan. Tujuan puasa ini merupakan agar tidak berlangsung kesalahan pengukuran karena adanya pengaruh dari lemak baru yang disantap yang berasal dari hidangan yang baru saja dimakan. Biasanya dokter melaksanakan pengecekan kolesterol ini di pagi hari dan penderita harus puasa sebelumnya.

24 jam sebelum melaksanakan pengecekan kolesterol ini pula, hendaknya penderita tidak melaksanakan kegiatan raga yang berat atau berolahraga berat karena keletihan yang amat sangat bisa mempengaruhi pula hasil dari tes yang dilakukan.

Setelah itu pengecekan lemak dalam darah diawali dengan cara mengambil darah dari tubuh penderita yang akan ditilik. Darah yang telah diambil itu diukur kandungan kolesterolnya

Pengecekan ini bisa menciptakan data ditaksir kandungan kolesterol yang tersebar di dalam perputaran darah seseorang. Hasil information yang ditemui dalam pengecekan itu akan dibanding dengan tabel klasifikasi kandungan kolesterol standar dalam dunia kedokteran yang ada sehingga bisa dianalisis bagaimana keadaan kolesterol seseorang itu.

Di samping hasil pengecekan darah, para dokter biasanya juga akan mendiagnosis pasiennya dengan menanyakan riwayat kolesterol tinggi di keluarga penderita serta penyakit-penyakit yang dideritanya sebagai olahan analisis terhadap keadaan pasiennya.

Apakah pengecekan kolesterol dengan perlengkapan cek praktis yang banyak ada di pasaran itu akurat?

Pengecekan kolesterol saat ini memang semakin mudah dilakukan, penderita juga bisa membeli perlengkapan cek kolesterol dengan mudah di apotek-apotek. perlengkapan ini memberikan hasil akhir seperti apa yang dibutuhkan dalam pengecekan di laboratorium kesehatan (Lab). namun tidak sedikit berlangsung di mana hasil yang didapatkan dari pengecekan sendiri dengan perlengkapan ini di rumah memberikan hasil yang berbeda jauh dengan pengukuran di laboratorium kesehatan. Hal ini kerap membingungkan penderita. Biasanya ini berlangsung karena penderita mengukur dengan perlengkapan praktis ini di rumah namun tidak melaksanakan puasa terlebih dahulu sebelumnya.

Pada pengecekan kolesterol di laboratorium peng-ukuran dilakukan terhadap kandungan kolesterol HDL, kolesterol LDL secara terpisah dan juga secara bersamaan dalam bentuk whole kolesterol. sebaliknya pada perlengkapan cek praktis yang sekarang ini banyak ada di pasaran lazimnya hanya memberikan hasil akhir berbentuk whole kolesterol yang dimiliki oleh seseorang, sementara itu whole kolesterol itu biasanya terdiri atas 2 aspek penting yakni kandungan kolesterol LDL dan juga kandungan kolesterol HDL yang memiliki fungsi dan juga pengaruh yang tidak sama bagi tubuh.

Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan untuk memeriksakan kolesterol pasiennya pada labora-torium kesehatan karena biasanya lebih akurat, adanya pengukuran yang mendetail dari HDL. LDL dan trigliserida yang tercantum di dalam darah dengan diambil contoh darah yang cukup untuk dilakukan pengujian, sebaliknya pada pengecekan dengan perlengkapan yang praktis itu hanya diambil darah sedikit sekali dari tusukan yang dilakukan.

Walaupun demikian perlengkapan cek praktis pengukur koles-terol ini bisa membantu untuk mengenali kandungan kolesterol seseorang dengan mudah dan tetap bermanfaat. hendaknya sebelum membeli perlengkapan ukur kolesterol praktis ini penderita melaksanakan konsultasi dahulu ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here