Home Health TAHUKAH ANDA APAKAH KOLESTEROL ITU?

TAHUKAH ANDA APAKAH KOLESTEROL ITU?

381
0

Dulu setiap jam makan siang, saya selalu setia mendatangi rumah makan Padang langganan didekat kantor. Mulai dari gulai otak hingga Gajebo lahap dan bisa dengan mudah masuk ke dalam perut ini, belum lagi paru goreng garing yang kriuk.. kriuk renyah semakin menggoyang lidah untuk selalu dimakan yang buatnya merasa perlu untuk tambah dan tambah lagi. kerutinan makan lezat saya itu terus berlanjut, hidangan lezat dengan kolesterol tinggi juga selalu disantap oleh saya dengan nikmat tanpa ragu.


Lain lagi dengan kerutinan makan istri, karena tidak ada waktu untuk berangkat keluar makan siang, setiap jam makan siang ia selalu memesan hidangan siap saji yang bisa di delivery ojek online dengan berbagai macam promonya. Burger, ayam goreng, kentang goreng adalah hidangan rutinnya setiap hari. hidangan siap saji yang praktis, mudah didapat, yang mengandung kalori dan kolesterol yang tinggi itu selalu menjadi menu teratur dari makan siang Istri. Tidak merasa kira-kira setiap hari ia komsumsi hidangan yang mengandung kolesterol tinggi itu.


Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap mendengar kata Kolesterol. Kolesterol selalu dikira identik dengan hidangan yang enak-enak, yang mengandung lemak tinggi, hidangan gorengan, serta daging-dagingan. hidangan yang kaya kolesterol kerap dikira menimbulkan penyakit yang seram karena itu banyak orang yang cemas akan kolesterol dan menyangka kolesterol merupakan sumber malapetaka bagi orang yang komsumsi.


Semakin hari kata kolesterol semakin kerap terdengar, dampak negatif dari kolesterol itu semakin banyak diingatkan. Banyak data tentang bahaya kolesterol yang mengganggu kesehatan tubuh terlebih lagi bisa mematikan, akhirnya tidak sedikit orang yang cemas dan menyangka bahwa kolesterol merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari.
Di antara data bahaya kolesterol, ternyata ada juga data yang mengatakan bahwa kolesterol itu bermanfaat bagi tubuh. Kolesterol itu dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu zat yang sangat penting, tanpa kolesterol tubuh tidak sehat. Yang manakah yang benar?


Apakah sedianya Kolesterol itu?


Asal kata kolesterol berasal dari bahasa Yunani, chole yang berarti empedu, dan stereo yang berarti padat. Nama kolesterol ini ditemui pada abad ke-18, di mana kolesterol saat itu ditemui pada batu empedu. Saat membahas tentang kolesterol yang teringat biasanya merupakan lemak karena kolesterol ini tercantum keluarga lemak.

Meski tercantum dalam keluarga lemak, namun bentuk kolesterol ini tidak sama seperti lemak-lemak bercorak putih yang ada pada sepotong daging mentah yang kerap kita lihat di pasar. Butiran kolesterol itu sangat kecil, dan tersimpan di dalam sel-sel tubuh. Kolesterol adalah senyawa lemak, berbentuk seperti parafin yang bercorak kekuningan.

Sebagai salah satu keluarga dari tipe lemak, maka kolesterol ini kurang larut di dalam air dan sangat sukar didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukannya. Untuk menanggulangi permasalahan distribusi kolesterol ini, maka metabolisme tubuh juga bekerja, di mana kolesterol membentuk senyawa dengan protein yang diketahui dengan Lippoprotein.

Senyawa yang terbentuk ini bisa membawa kolesterol melalui pembuluh darah mengarah ke sel-sel tubuh yang membutuhkan sehingga kolesterol bisa didistribusikan ke seluruh tubuh dan membentuk jaringan tubuh dengan baik.
Kolesterol ditemui pada setiap sel yang ada di dalam tubuh, adalah zat penting bagi pembuatan organorgan yang ada di dalam tubuh dan juga adalah komponen penting dari semua jaringan tubuh manusia.


Kolesterol dipakai oleh tubuh untuk membentuk sel-sel yang sehat, semisal dipakai untuk membangun membran sel, pembuatan hormon dan juga asam empedu, di mana asam empedu ini membantu tubuh dalam penyerapan dan pencernaan lemak-lemak yang ada.


Tanpa adanya kolesterol pada sel-sel tubuh, jaringanjaringan di dalam tubuh akan terbentuk menjadi kurang kuat dan kurang normal, hal ini bisa membahayakan tubuh secara totalitas.

Layaknya dalam membangun sebuah tembok, kita membutuhkan batu-batu yang kuat untuk menyusunnya, apabila kekokohan batu itu tidak pas, maka tembok itu juga akan mudah runtuh.
Demikian pula dengan sel-sel tubuh dibutuhkan kolesterol untuk membangunnya agar kuat, apabila sel tubuh tidak kuat, maka tubuh juga akan mudah rapuh. seperti itu kolesterol yang ada di tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here